PGRI

PGRI

KKG PAI PULAU PETAK SUKSES GELAR KHATMUL QUR’AN

 

KUALA KAPUAS. Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Pulau Petak sukses gelar Khatmul Quran siswa SD se Kecamatan Pulau Petak bertempat di halaman SDN 2 Teluk Palinget pada Sabtu (25/06). Kegiatan yang bertema “ Menanamkan cinta membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran” ini diikuti oleh 42 orang siswa, dihadiri oleh Kadisdik Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd, Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH. Muhtar Ruslan, S.Pd, Korwil Bidik Pulau Petak Mahmuddin Ariadi, S.Pd.I, Sejumlah Pengurus PGRI Pulau Petak , Kepala SD dan Guru PAI serta para orang tua siswa.

(Sejumlah siswa SD ikut Khatmil Quran I, digagas oleh KKG PAI Pulau Petak)

Kadisdik Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd dalam amanatnya berharap kegiatan ini menjadi sebuah motivasi dan inovasi bagaimana anak harus tuntas baca tulis Al Quran. “ Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, berharap menjadi sebuah motivasi dan inovasi bahwa peningkatan mutu lulusan harus terus diupayakan sebagaimana program pendidikan hebat Kapuas cerdas salah satunya dengan tuntas baca tulis Quran “ ungkapnya. 

Dalam kesempatan ini Kadisdik yang juga sebagai Sekretaris LPTQ Kabupaten Kapuas mengucapkan terimakasih kepada  KKG PAI, Korwil Pulau Petak dan LPTQ serta stoke holder yang telah turut serta dalam mensukseskan program pendidikan hebat Kapuas cerdas.

 

(Kadisdik Dr. H. Suwarno Muriyat saat membuka Khatmul Quran Siswa SD se Kec Pulau Petak)

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muhtar Ruslan, S.Pd sangat mengapresiasi  dan berharap kegiatan ini berkesinambungan dan dapat bermanfaat khususnya kepada anak didik, “semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi contoh bagi kecamatan lain, kami dari LPTQ Kabupaten sangat berterimakasih kepada panitia, KKG PAI, semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini “ pintanya. 

Beliau juga sangat terkesan momen sungkeman mencuci kaki orang tua, dan berharap mereka dapat menjadi anak yang soleh, berguna bagi agama, bangsa dan negara, menjadi calon pemimpin yang agamis dan pancasilais, hidup aman, damai, ruhuy rahayu hingga dapat mewujudkan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr.

 

(Amsyarif, M.Pd saat melaporkan kegiatan Khatmul Quran)

Ketua Panitia Amsyarif, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan khataman yang diikuti oleh 42 siswa ini bertujuan untuk memberikan sebuah kegiatan yang bermakna  tentang Al Quran  dan sebagai salah satu andil peran serta dari KKG PAI Pulau Petak dalam mendukung suksesnya Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas yakni meningkatkan mutu lulusan yakni tuntas baca tulis Al Quran.

Pun, ada yang unik sekaligus mengharukan pada acara prosesi Khatmul Qur’an tersebut yakni prosesi para siswa yang khatam membasuh kaki orang tua masing-masing, menurut Korwil Pendidikan Pulau Petak Mahmuddin Ariyadi, S.Pd.I bahwa prosesi ini dimaksudkan untuk mendidik anak-anak agar senantiasa berbakti kepada orang tua, ingat akan perjuangan dan pengorbanan orang tua sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi anak yang mempunyai moral dan karakter yang baik, berguna bagi agama, negara dan bangsanya.

(Proses Membasuh Kaki Orang Tua, moment yang sangat mengharukan)

Acara prosesi membasuh kaki orang tua wali murid berjalan khidmat penuh isak tangis, suasana mengharukan itu dipandu ibu Sriwati, S.Pd.I yang membacakan pesan dan petuah tentang pentingnya berbakti dan taat kepada orang tua.

Prosesi membasuh kaki dimulai oleh para siswa duduk bersimpuh di depan orang tuanya yang duduk di kursi,  selanjutnya kaki orang tua siswa dimasukkan ke dalam baskom yang telah disediakan dan setelah itu siswa membasuhnya, suasana haru pecah bahkan spontan sesekali terlihat siswa memeluk orang tua masing-masing.

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.