PGRI

PGRI

Wujudkan Pembelajaran Berorientasi Pelajar Pancasila, PGRI Gelar Desiminasi Wawasan Berkebhinekaan Global

 

SEI TATAS - Kebhinekaan global merupakan toleransi terhadap perbedaan, dimensi yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila menjadikan pelajar sebagai makhluk sosial yang saling membantu, beradab dan sopan-santun. Mereka juga diharapkan dapat mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai demikian Kadeni M.Pd Ketua Kabupaten PGRI Kapuas saat membuka kegiatan Diseminasi Wawasan Kebhinekaan Global di SMPN 1 Pulau Petak pada, Sabtu, (23/07).


Kegiatan  yang digelar oleh PGRI Cabang Pulau Petak didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, PGRI Kabupaten dan BBGP Jabar berlabgsung selama dua hari, nampak hadir juga dalam kegiatan Korwil Bidik Pulau Petak Mahmudin Ariadi, S.Pd.I, Jajaran Pengurus Kabupaten PGRI Zundy Hs. Umar, M.Pd, dan Rahma Fitri Awal, M.Pd, Ketua Kecamatan PGRI Pulau Petak Abriansyah, S.Pd, MA  beserta jajaran, narasumber diseminasi yang juga pengursus PGRI Kabupatem antara lain Aristanika, S.Psi, Agustina Widyaastuti, S.Pd dan Lusia Pengestika, S.Pd  dan para  guru peserta diseminasi dari Paud hingga MA/SMA di Kecamatan Pulau Petak.


Sementara itu Mahmudin Ariadi selaku Koordinator Bidang Pendidikan Pulau Petak dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten Kapuas yang telah mendukung kegiatan ini. “ Saya sangat mengapresiasi kegiatan diseminasi ini, terima kasih Disdik Kabupaten, PGRI dan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana di kecamatan kami, sangat bangga dan ini merupakan salah satu perwujudan dari upaya kita dalam mendukung program pendidikan hebat Kapuas cerdas “  katanya. 


Kegiatan diseminisasi ini digelar dengan metode tatap muka dan penugasan diikuti oleh 30 guru PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA  dan setiap peserta akan mendapatkan sertifikat. Menghadirkan para narasumber  yang sudah dilatih oleh BBGP Jabar beberapa saat lalu. “ Kita tentunya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung program PHKC yakni terbentuknya SDM Kapuas yang CERDAS (Cendekia, Energik, Religius, Dedikasi, Adiluhung dan Sejahtera) dan menjadikan guru sebagai agen promosi budaya toleran dan kebinekaan “ ungkap Abriansyah melaporkan.


Aristanika selaku narasumber memaparkan bahwa materi yang disampaikan bertujuan adalah untuk memberikan pemahaman akan kebinekaan dan menumbuhkan sikap menghargai, guru juga sebagai agen promosi budaya toleran dan kebinekaan serta meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan Profil Pelajar Pancasila. “ Kita tentu semua sama-sama berharap setelah diseminasi atau pengimbasan ini semakin memperkuat guru dalam mengimplementasikan kepada peserta didik sebagai penguatan profil pelajar Pancasila “ papar Aristanika yang juga Sekbid Pengembangan Profesi  ini.

Narasumber lainnya Agustina Widya Astuti, S.Pd dan Lusia Pengestika, S.Pd memberikan materi yang juga diselingi dengan ice breaking untuk memecah kebekuan, agar lebih riang, gembira, tidak bikin ngantuk atau membosankan, sehingga suasana kegiatan hari itu semakin menarik.

Salam Solidaritas !






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.