PGRI

PGRI

WEBINAR NASIONAL PENDIDIKAN


Webinar Nasional Pendidikan

Dalam Rangka HUT Ke - 75  PGRI Dan Hari Guru Nasional Tahun 2020



Hidup Guru! 

Hidup PGRI!

Solidaritas! Yes!

Pendidikan Hebat! Kapuas Cerdas!

Gaung semangat Guru - Guru Hebat terdengar pagi itu. Moderator dan Host serta seluruh panitia bersinergi memantapkan Webinar Nasional Pendidikan yang telah di nanti - nantikan. 

Webinar ini sendiri merupakan rangkaian dari peringatan HUT Ke - 75 PGRI dan HGN Tahun 2020. Adapun Panitia dari kegiatan ini diketuai oleh Bapak Bubu, S.Pd.,M.Pd. 

Setelah sukses melaksanakan beberapa kegiatan virtual sebelumnya, kali ini PGRI Kabupaten Kapuas semakin mantap dalam berkiprah.

Dalam sambutannya Bapak Kadeni, S.Pd.,M.Pd. selaku ketua PGRI Kabupaten Kapuas juga menyampaikan harapannya bahwa peran PGRI bukanlah sebagai organisasi yang hanya sekedar "nebeng nama saja". PGRI bergerak melalui berbagai kegiatan memfasilitasi guru - guru agar dapat mengembangkan diri, tidak monoton hanya sekedar mengajar, agar mutu guru dan pendidikan seiring dengan program pemerintah berpadu bersatu memajukan pendidikan. Guru adalah insan transformer dalam pendidikan.         

Bapak Kepala Dinas Pendidikan  Kapuas, Dr. H. Suwarno Muriyat, S.Ag.,M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus cabang PGRI Kapuas dalam mensukseskan event Jambore Guru Kabupaten Kapuas Tahun 2020. 

Beliau menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini dapat memacu dan memicu segala yang ada di lingkungan kita menuju inovasi yang lebih baik.

Kegiatan ini pun dibuka dengan resmi dengan kurang lebih 260 peserta yang tergabung dari berbagai daerah dan  kecamatan. Penuhnya room zoom meeting tak menepis semangat peserta lainnya yang tak dapat bergabung karena panitia telah menyiapkan live streaming youtube pada  channel PGRI.


Rangkaian acara yang sudah menjadi ajang hajatan tahunan  ini di ikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta.

Bapak Prof. Imam Suyitno, M.Pd. dalam pemaparannya mengatakan sesuatu yang baru tanpa pembaharuan akan memunculkan rasa kebosanan. 

Pendidikan dengan kebijakan adalah sebuah menu baru atau  ilmu baru yang perlu kita ikuti dengan kritis.

Beliau juga memaparkan dengan begitu jelas mengenai Assesment Nasional : AKM, Survei Karakter dan Lingkungan Belajar. Guru haruslah merubah paradigma menghadapi hal-hal baru untuk inovasi pendidikan.

Bapak Annasir dari perwakilan  penerbit Erlangga juga ikut tergabung dalam webinar ini. Erlangga sebagai penerbit besar juga ikut andil dalam melayani pendidikan dengan pengetahuan.

Materi kedua yang tak kalah menarik serta  sangat penting di sampaikan oleh  Bapak Khristiyono Prahoro Sakti, S.Pd.,M.M., M.Biomed. Beliau dengan begitu lugas menyampaikan materi mengenai Merdeka Belajar Merubah Paradigma dan Orientasi Belajar. Beliau juga membahas mengenai AKM yang dikerangkakan dalam kerangka merdeka belajar. 

Dalam pemaparannya beliau mengibaratkan bahwa di Indonesia tidak hanya ada demam Covid namun ada juga demam - demam lainnya dalam pendidikan ketika guru- guru tiba- tiba di ramaikan dengan membuat video, merdeka belajar, RPP satu halaman, AKM , kurikulum yang akan berubah dan lain sebagainya. "Semoga demam ini bukan hanya reaksi sesaat", ucap beliau.



Menurut beliau  saat ada Ujian Nasional , Guru hanya menyiapkan siswa untuk menghafal dan melatih untuk lulus Ujian Nasional padahal mereka adalah generasi dengan tantangan yang baru seperti revolusi generasi 4.0, distribusi pekerjaan, kualitas pendidikan. Perlu ada perubahan pada pendidikan di Indonesia.

Waktu seperti mengalir begitu saja karena materi yang disampaikan dari  Narasumber sangatlah menarik dan terkini. Webinar yang sangat sayang untuk dilewatkan. Para pendidik tentunya masih dapat mengakses kegiatan virtual ini melalui youtube channel PGRI.

Pada akhir webinar perwakilan dari penerbit Erlangga juga kembali meyapa para peserta dan menyampaikan informasi yang penting mengenai terobosan baru Erlangga dalam dunia pendidikan yakni E- Library dan E- Book.

Pak Kadis juga menyampaikan mengenai Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. Program yang diharapkan dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Program ini nantinya juga akan menghadirkan kegiatan tahunan yakni "KC Award" atau Kapuas Cerdas Award yang akan sangat ditunggu- tunggu bagi seluruh pendidik dan siswa di Kuala Kapuas. 




Hidup Guru! 

Hidup PGRI!

Solidaritas! Yes!

Pendidikan Hebat! Kapuas Cerdas!


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.